Simulasi Rangkaian Media Pembelajaran Sistem Digital
DOI:
https://doi.org/10.1234/ywdrfv14Keywords:
simulasi rangkaian, media pembelajaran, sistem digitalAbstract
Sistem digital merupakan bagian penting dari teknologi informasi yang telah merubah cara kita berkomunikasi, bekerja, dan berinteraksi dengan dunia. Namun, memahami konsep dasar sistem digital dan cara kerjanya bisa menjadi suatu tantangan bagi siswa yang baru belajar. Dalam penelitian ini, kami menggunakan simulasi rangkaian sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa memahami konsep sistem digital. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ASSURE, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi, dan Revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan simulasi rangkaian sebagai media pembelajaran sistem digital sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Artikel ini membahas penggunaan metode ASSURE dalam pengembangan simulasi sebagai media pembelajaran sistem digital. Metode ASSURE digunakan sebagai kerangka kerja untuk merancang dan mengimplementasikan pembelajaran yang efektif. Simulasi digunakan sebagai alat yang kuat dalam membantu mahasiswa memahami konsep dasar sistem digital, seperti gerbang logika, rangkaian kombinasional, dan rangkaian sekuensial. Simulasi sebagai media pembelajaran sistem digital memiliki manfaat yang signifikan. Mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman konsep, mengembangkan keterampilan praktis, dan meningkatkan keterlibatan dalam pembelajaran. Simulasi juga dapat membantu persiapan praktis mahasiswa dalam konteks nyata. Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan dalam penggunaan metode ASSURE dan simulasi sebagai media pembelajaran. Beberapa kekurangan meliputi kompleksitas pengembangan simulasi, tantangan dalam validasi dan evaluasi, serta kebutuhan untuk mengatasi keterbatasan aksesibilitas dan perangkat lunak. Untuk mengatasi masalah ini, langkah-langkah dapat diambil. Langkah-langkah termasuk melakukan studi literatur yang mendalam, melibatkan para ahli dalam validasi dan evaluasi, mengembangkan antarmuka pengguna yang intuitif, dan meningkatkan aksesibilitas melalui penggunaan perangkat lunak yang mudah diakses. Secara keseluruhan, penggunaan metode ASSURE dan simulasi sebagai media pembelajaran sistem digital memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa. Dengan memperhatikan kekurangan dan mengambil langkah-langkah yang tepat, penggunaan metode ini dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang efektif dan bermanfaat
References
R. Hamdani and M. S. Sumbawati, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Kuliah Sistem Digital di Jurusan Teknik Informatika UNESA,” Jurnal IT-EDU, vol. 04, no. 52, 2020.
A. Rustandi, Haeruddin, and Darmansyah, “PENERAPAN MODEL ASSURE DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMKN 3 PENAJAM PASER UTARA,” Jurnal Utile, vol. VIII, no. 1, 2022.
E. Z. Wityastuti, S. Masrofah, T. A. F. Haqqi, and U. H. Salsabila, “Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID-19,” Jurnal Penelitian Inovatif, vol. 2, no. 1, 2022, doi: 10.54082/jupin.39.
T. Kistofer, G. S. Permadi, and T. Z. Vitadiar, “Digital Learning System (DLS) Sebagai Model Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Sistem Digital Berbasis Website Di Jurusan Teknik Informatika Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang,” Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, vol. 6, no. 2, 2020, doi: 10.26905/jtmi.v6i2.4976.
a. Surahmat and t. D. Fu’ady, “simulasi rangkaian seven segment menggunakan multisim pada pembelajaran rangkaian elektronika analog dan digital di smks informatika sukma mandiri,” Journal of Innovation And Future Technology (IFTECH), vol. 2, no. 1, 2020, doi: 10.47080/iftech.v2i1.806.
Sugiartowo and S. N. Ambo, “Simulasi Rangkaia Kombinasional Sebagai Media Pembelajaran Sistem Digital Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta,” Umj, vol. 005, 2018.
C. A. Lamasitudju, Miftah, E. Makmur, and Nuridayanti, “Sistem Pembelajaran Digital Interaktif (Sipemberani) Mendukung Pembelajaran Online Di Sekolah Menengah Di [1], [3]Kota Palu,” ScientiCO : Computer Science and Informatics Journal, vol. Vol. 4, No, no. 1, 2021.
I. Iqbal, “Sistem Pembelajaran Mata Kuliah Sistem Digital Pada Universitas Almuslim Bireuen Berbasis Multimedia,” JURNAL TIKA, vol. 6, no. 02, 2021, doi: 10.51179/tika.v6i02.459.
D. A. Putra, Y. Rahmawati, and H. Putranto, “Pengembangan Media Pembelajaran Digital Sistem Distribusi Energi Listrik Berbasis Pemahaman Konsep bagi Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Elektro Di Universitas Negeri Malang,” INAJEEE Indonesian Journal of Electrical and Eletronics Engineering, vol. 2, no. 2, 2019, doi: 10.26740/inajeee.v2n2.p14-22.
D. Wonggo, D. Olii, and A. A. Kenap, “Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Digital Berbasis Android di Prodi PTIK Unima,” Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 2, no. 1, 2022, doi:

Downloads
Published
Versions
- 2023-06-30 (2)
- 2023-06-30 (1)