Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.1234/284cx498Keywords:
Pembelajaran, Biaya, KualitasAbstract
Proses pembelajaran yang baik haruslah memuat aspek interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi dan memberikan ruang yang lebih bagi siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas dan kemandirian, sesuai dengan bakat dan minat siswa. Media pembelajaran yang menarik juga sangat diperlukan bagi siswa SMK, dikarenakan dalam pembelajaran SMK lebih mengutamakan praktikum dari pada teori. Perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media yaitu tujuan pembelajaran, efektif, mudah diperoleh, peserta didik, penggunaan, tidak kaku, biaya, dan kualitas. Salah satu perkembangan media pembelajaran yang saat ini masih baru adalah media pembelajaran dengan menggunakan Augmented Reality. Augmented Reality merupakan aplikasi penggabungan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang diproyeksikan dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang bersamaan. Augmented Reality dapat digunakan dalam hiburan, kedokteran, mekanik, dan media pembelajaran. Augmented Reality dapat dibangun dengan menggunakan bantuan software Vuforia dan Unity 3D. Hasil akhir berupa media pembelajaran interaktif dengan Augmented Reality
References
Ardhianto, Eka dkk. 2012. “Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender”. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. Vol. 17 (2): hal. 107-117.
Arifitama, Budi. 2017. Panduan Mudah Membuat Augmented Reality. Yogyakarta: Andi.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
A S, Rosa & Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Penerbit Informatika.
Anggara, Yudha Nawa. 2015. “Pengembangan dan Analisis Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Augmented Reality Untuk Platform Android Di SMK YPKK 1 Sleman”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Burhanudin, Ahmad. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika Di Smk Hamong Putera 2 Pakem”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Dunleavy, Matt & Dede, Chris. 2014. “Augmented Reality Teaching and Learning”. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Vol: 4. pp. 735-745.
Frannita, Eka L. 2015. “Pengembangan dan Analisis Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Augmented Reality Untuk Platform Android Di SMK YPKK 1 Sleman”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Hutahaean, Rosdelima dkk. 2015. “Perancangan Aplikasi Multimedia Untuk Pembelajaran Gerbang Logika Menggunakan Augmented Reality ”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. Vol. 3 (1): hal. 125-131.
Joefrie, Yuri Yudhaswana & Anshori, Yusuf. 2011. “Teknologi Augmented Reality ”. Jurnal Mektek. Tahun XIII (3): hal. 194-203.
Martono, Kurniawan Teguh. 2011. “Augmented Reality Sebagai Metafora Baru dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer”. Jurnal Sistem Komputer. Vol. 1 (2): hal. 60-64.
Martono, Kurniawan Teguh dan Kridalukmana, Rinta. 2014. “Mobile Augmented Reality Jurusan Sistem Komputer Universitas Diponegoro Berbasis Android (MARSISKOM)”. Jurnal Sistem Komputer. Vol. 4 (1): hal. 17-24.
Mustaqim, Ilmawan. 2016. “Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran”. JPTK FT UNY. Vol. 13 (2): hal. 174-183.
Pressman, Roger S. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak. Terjemahan Adi Nugroho. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Xiao, Cheng & Lifeng, Zhang. 2014.” Implementation of Mobile Augmented Reality Based on Vuforia and Rawajali”. IEEE: pp. 912-915.
Downloads
Published
Versions
- 2023-06-30 (2)
- 2023-06-30 (1)