Efektifitas Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Klinik Unizar

Authors

  • Rifqi Sulthon Abqari Universitas Islam Al-Azhar Author
  • Yusuf Hendra Pratama Universitas Islam Al-Azhar Author
  • Bayu Wibisana Universitas Islam Al-Azhar Author

DOI:

https://doi.org/10.1234/magkmy82

Keywords:

Efisiensi, Sosial Media, Klinik

Abstract

Tujuan tinjauan literatur ini adalah untuk mengidentifikasi efektifitas penerapan digital marketing di pelayanan kesehatan. Metode: Metode penulisan tinjauan literatur ini berdasarkan Mandeley. Pencarian literatur menggunakan kata kunci sesuai dengan judul Efisiensi, Sosial Media, Klinik. Artikel dipilih berdasarkan kriteria inklusi yang terdiri dari penelitian dan clinical review, berbahasa Inggris-Indonesia, dan full text. Artikel yang tidak lengkap di ekslusi dari tinjauan ini. Dari hasil penelusuran literatur ditemukan 4 artikel yang dapat dilanjutkan ke tahap peninjauan. Hasil dari tinjauan literatur ditemukan bahwa digital marketing memiliki peran dalam meningkatkan ikatan dengan calon konsumen yang berarti sebagai upaya promosi rumah sakit atau pelayanan Kesehatan. Rumah sakit mendapatkan peningkatan dalam jumlah pasien, sehingga dapat disimpulkan digital marketing efektif digunakan sebagai media untuk promosi di pelayanan Kesehatan

References

Burhan, L., & Sulistiadi, W. (2022). Optimalisasi Strategi Digital Marketing bagi Rumah Sakit. Branding: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1).

Liana, A., Sulfaidah, S., & Al Banna, M. Z. (2021). Klinik Pemasaran Digital bagi Dosen Berwirausaha. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 443-450.

BANJARNAHOR, D. (2021). Sistem Informasi Klinik Berbasis Website Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus Klinik Karunia Bunda)

Syafarudin, A., Ayuningtyas, D., & Sari, E. (2022). Digital Marketing’s Impact To Hospital Visits During Covid-19: A Systematic Review. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5), 6625-6633.

Hardjanti, A. A., & Sulistiadi, W. (2022). Pemanfaatan Media Promosi Dalam Strategi Pemasaran Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta Pada Era Pandemi Covid19 Tahun 2020. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4723-4728. “

BANJARNAHOR, D. (2021). Sistem Informasi Klinik Berbasis Website Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus Klinik Karunia Bunda

Putri, A. A., & Prayoga, D. (2021). Pemasaran sosial menggunakan media sosial dalam upaya pencegahan penularan COVID-19: tinjauan literatur. Media kesehatan masyarakat indonesia, 20(2), 144-149.

Yasrizal, M. A., & Sulistiadi, W. (2022). Studi Segmentation, Targeting, Positioning (STP) pada Bauran Pemasaran Produk Klinik Eksekutif Rumah Sakit Gigi Mulut pada Masa Pandemi COVID-19. Journal of Telenursing (JOTING), 4(1), 168-176.

SA, M. F., & Pujiyanto, P. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sosial dalam Pemasaran Rumah Sakit: Systematic Review. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 13(2), 100-108.

Damayanti, T., Komariah, K., & Nugraha, A. R. (2022). Pelatihan Optimalisasi Penggunaan Media Sosial untuk Membentuk Brand Produk Industri UMKM Bordir Tasikmalaya. PARAHITA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 65-76.

Cover

Downloads

Published

2023-06-30 — Updated on 2023-06-30

Versions

How to Cite

[1]
R. S. Abqari, Y. H. Pratama, and B. Wibisana , Trans., “Efektifitas Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Klinik Unizar”, SAKIRA, vol. 1, no. 1, pp. 21–23, Jun. 2023, doi: 10.1234/magkmy82.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.