Penentuan Peminatan Tugas Akhir Mahasiswa Ilmu Komputer Unizar
DOI:
https://doi.org/10.1234/m1597377Keywords:
Tugas akhir, mahasiswa, ilmu komputerAbstract
Monitoring kegiatan mahasiswa pada Program Studi ilmu komputer di universitas islam al azhar dilakukan untuk memantau prestasi, kompetensi, tugas akhir, praktik kerja lapangan dan organisasi yang diikuti oleh mahasiswa. Kegiatan monitoring tersebut selama ini dilakukan dengan menggunakan google form dan microsoft excel dan dilakukan rekapitulasi secara manual oleh staff yang bertugas di Program Studi ilmu komputer diserahkan ke masing-masing dosen pembimbing akademik. Hal ini dirasa kurang efektif karena dosen pembimbing akademik maupun bagian akademik yang ada di Program Studi ilmu komputer tidak dapat me monitoring mahasiswa bimbingan secara langsung. Oleh karena itu diperlukan sebuah aplikasi yang dapat di akses oleh mahasiswa, dosen, maupun staff agar dapat melakukan monitoring secara bersama-sama. Aplikasi dikembangkan dengan model pengembangan waterfall dengan empat tahapan yaitu analisis, desain, pengkodean dan pengujian. Aplikasi dapat diakses menggunakan web browser oleh mahasiswa, dosen, maupun staff untuk memonitor aktivitas mahasiswa serta dapat digunakan untuk mencetak laporan prestasi dan aktivitas mahasiswa. Pengujian terhadap aplikasi juga dilakukan dengan metode black box untuk menguji seluruh fungsionalitas dari aplikasi yang dibangun. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, semua fungsionalitas dapat berjalan sesuai dengan skenario yang telah direncanakan sebelumnya[1]
References
A. Wardana and W. Kusrini, “Pengembangan
Aplikasi Monitoring Kegiatan Mahasiswa
Berbasis Web,” El Sains Jurnal Elektro, vol. 4,
no. 1, 2022, doi: 10.30996/elsains.v4i1.6803.
S. Suendri, A. M. Harahap, A. B. Nasution, and S.
Kartika, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan
Penentuan Lulusan Terbaik Menggunakan Lima
Algoritma Pada Program Studi Sistem Informasi
UIN Sumatera Utara Medan,” AL-ULUM:
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, vol. 7, no. 1,
, doi: 10.31602/ajst.v7i1.5839.
N. A. Ningrum and M. A. Syaputra,
“PENERAPAN METODE FUZZY C-MEANS
UNTUK PENENTUAN KOMPETENSI
MAHASISWA DI STMIK DHARMAWACANA
METRO,” Journal Computer Science and
Information Systems : J-Cosys, vol. 2, no. 1, 2022,
doi: 10.53514/jc.v2i1.289.
R. Yuniarti, S. Ari Wijaya, S. Yuniar Bahri, and
M. Atha Iqbal, “PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN
PENGETAHUAN DAN MINAT DALAM
MENULIS KARYA ILMIAH MAHASISWA
PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK
STIA MUHAMMADIYAH SELONG,”
JUKESHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat,
vol. 2, no. 1, 2022, doi:
51771/jukeshum.v2i1.179.
U. Herjan Hunga Meha and H. Prillysca
Chernovita, “Analisis Efektivitas Sistem
Informasi Tugas Akhir sebagai Knowledge
Management System.,” Journal Locus Penelitian
dan Pengabdian, vol. 1, no. 4, 2022, doi:
36418/locus.v1i4.47.
R. R. M. Salim, Y. M. Saragih, and A. D.
Ratnasari, “Analisis Usability Portal Akademik
Mika dengan Menggunakan Use Questionnaire,”
Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika,
vol. 24, no. 1, 2022, doi:
31294/paradigma.v24i1.941.
Z. Zulafwan, “SISTEM INFORMASI
PEMANTAUAN PROSES BIMBINGAN
TUGAS AKHIR MAHASISWA,” Jurnal
Komputer dan Informatika, vol. 8, no. 2, 2020,
doi: 10.35508/jicon.v8i2.2718.
D. R. Riyandi, E. Budianita, and Z. Zulkarnain,
“Penerapan Algoritma Hash Based Untuk Analisis
Pola Pemilihan Mata Kuliah Pilihan Jurusan
Teknik Informatika UIN Sultan Syarif Kasim
Riau,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi
Informasi (JNKTI), vol. 5, no. 4, 2022, doi:
32672/jnkti.v5i4.4449.
D. Saputra, H. Haryani, A. Surniadari, M.
Martias, and F. Akbar, “Sistem Informasi
Bimbingan Tugas Akhir Mahasiswa Berbasis
Website Menggunakan Metode Waterfall,”
MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika
dan Rekayasa Komputer, vol. 21, no. 2, 2022, doi:
30812/matrik.v21i2.1591.
N. Renaningtias and D. Apriliani, “Penerapan
Metode Prototype Pada Pengembangan Sistem
Informasi Tugas Akhir Mahasiswa,” Rekursif:
Jurnal Informatika, vol. 9, no. 1, 2021, doi:
33369/rekursif.v9i1.15772.

Downloads
Published
Versions
- 2023-06-30 (2)
- 2023-06-30 (1)